GEOLOGI & EKSPLORASI

Martabe Segera Lakukan Pemboran Eksplorasi di Pahae dan Tango Papa

Kegiatan eksplorasi di wilayah Kontrak Karya Tambang Emas Martabe.

JAKARTA – Sepanjang Kuartal I-2013 Tambang Emas Martabe telah mengucurkan biaya eksplorasi sebesar USD 2,2 juta. Pada tiga kuartal berikutnya di 2013, tambang yang 95% sahamnya dimiliki G-Resources Group ini akan menambah biaya eksplorasinya, termasuk untuk melakukan pemboran di wilayah Pahae dan Tango Papa.

Pahae dan Tango Papa adalah dua wilayah dalam Kontrak Karya Martabe yang cukup prospektif, setelah Purnama dan Purnama Timur. Sepanjang Kuartal I-2013, telah dilakukan pemetaan permukaan, serta pengambilan sampel dan Polarisasi Terimbas (IP) geofisika pada prospek Pahae, yang berada 50 kilometer sebelah utara dari tambang Martabe.

Presiden Direktur Tambang Emas Martabe, Peter Albert menuturkan, pemetaan permukaan dan pengambilan sampel juga telah dilakukan di wilayah Tango Papa pada Kuartal I-2013. Wilayah eksplorasi Tango Papa sendiri, berada 20 kilomter di sebelah utara-timur tambang Martabe.

Menurutnya, hasil eksplorasi di kedua prospek ini telah mengkonfirmasi keberadaan potensi emas dan perak di dalam tanah, batuan, dan saluran sampel. “Ini merupakan suatu kemajuan dalam kegiatan eksplorasi kami, untuk selanjutnya membawa prospek ini ke status pengeboran,” jelas Peter di Jakarta pada akhir April 2013.

Sementara itu, kegiatan eksplorasi pada wilayah yang dekat dengan tambang Martabe juga terus dilanjutkan. Yakni untuk memperluas wilayah mineralisasi pada deposit (wilayah yang positif menyimpan cadangan emas dan perak) Purnama di sebelah selatan dan timur.

(Martabe / greatmartabe@gmail.com)
BERITA LAIN
gsources-martabe
  • Martiono Hadianto

    Ketua Umum Indonesian Mining Association (IMA),
    “Jika Anda ingin mengetahui
    bagaimana seharusnya Good
    Mining Practice diterapkan
    dalam industri pertambangan
    modern, di website GREAT
    Martabe inilah tempatnya.”

  • Sahrul Pasaribu

    Bupati Tapanuli Selatan,
    “Hadirnya website GREAT
    Martabe ini akan meningkatkan
    pemahaman masyarakat umum
    tentang apa dan bagaimana operasi pertambangan itu, sehingga
    meminimalisir persepsi buruk
    tentang tambang.”